Beranda Uncategorized Silase Solusi Pakan di Musim Kemarau

Silase Solusi Pakan di Musim Kemarau

52
0
BERBAGI

SUKALARANG  ( Sukabumi Pos ),-Momok yang sangat ditakuti peternak khusus nya ternak ruminansia adalah musim kemarau, dimana ketersedian rumput sebagai pakan ternak mulai berkurang. Maka tidak kurang peternak di musim kemarau banyak beralih profesi sambil menunggu musim penghujan.

Tapi untuk H. Muhammad Gopur ketua Kelompok Tani Wana Mukti, musim kemarau tidak menyurutkan untuk terus beternak domba, pasalnya, bagi pengusaha pupuk organik ini sudah lama memberi pakan ternak dengan sistem silase sebagai pengganti rumput untuk domba yang dia pelihara.

Menurut Gopur, banyak keuntungan yang didapat dari sistem silase ini, selain pakan terus tersedia di musim kemarau dan bisa di simpan dalam waktu yang lama “ Dengan sistem silase, banyak memberi keuntungan untuk petani khususnya petani ternak. Selain pakan selalu tersedia setiap waktu meskipun di musim kemarau,  juga komposisi yang dibutuhkan oleh ternak bisa terpenuhi di dalam pakan silase itu” terang nya saat Sukabumi Pos berkunjung ke kandang nya. Selasa. 26/11/19

Ditanya tentang domba yang dipeliharanya, Gopur menjelaskan, bahwa dia bersama  kelompok tani nya sedang menjalankan peternakan domba dengan sistem koloni. Menurutnya, dengan cara mengkolonikan domba di satu kandang, selain memudahkan dalam perawatan nya, juga  pemantauan lebih seksama mengingat domba di satu kandang kan

“ Intinya, dengan beternak domba sistem koloni dan diberi pakan yang di fermentasi (silase ) maka domba akan lebih sehat, karena pakan yang di fermentasi itu bisa memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan produksi susu domba betina dan bisa meningkatkan bobot domba, tentunya sangat cocok untuk domba yang akan digemukan” jelas nya lagi.

 

Reporter : Amuy Mulyadi

Redaktur : Rangga

E-Mail :www.sukabumipos.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here