Beranda Uncategorized Ribka Ingatkan Negara Wajib Sediakan Fasilitas Kesehatan

Ribka Ingatkan Negara Wajib Sediakan Fasilitas Kesehatan

42
0
BERBAGI

CIBADAK, ( Sukabumi Pos ),-Anggota Komisi IX DPR RI, Dr. Ribka Tjiptaning P, AAK mengingatkan para penyelenggara negara bahwa negara wajib menyediakan fasilitas kesehatan. Kewajiban negara itu tercantum pada Pasal 28h dan Pasal 34 UUD 1945 yang harus dilaksanakan para penyelenggara negara untuk menjamin kesehatan rakyat.

Pernyataan Ribka itu disampaikan pada acara sosialisasi empat pilar kebangsaan yang digelar bersama Komunitas Wartawan Sukabumi (Kowasi) di Gedung Puskopdit BK3D Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (11/12/2019). Masyarakat dan para relawan kesehatan, ujar Ribka, harus berani meneriakkan tuntutan untuk penyediaan fasilitas kesehatan termasuk menyampaikan kritik kepada rumah sakit.

“UUD 1945 sebagai konstitusi negara jelas-jelas memerintahkan negara harus menyediakan fasilitas kesehatan,” ujar Ribka di hadapan para peserta sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Pada kegiatan itu tampak hadir Kapolsek Cibadak, Kompol Hadi Santoso, perwakilan dari Badan Kesbangpol Kabupaten Sukabumi, Ediatna Susilo, perwakilan dari Diskominfo dan Persandian, Irwan Setiawan, Ketua Umum Kowasi Yudi Suyudi dan ratusan anggotanya, serta para pengurus dan anggota PDI Perjuangan.

Hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit, lanjut dia,  sejalan dengan Sila ke-2 dan Sila ke-5 Pancasila sebagai dasar negara. Akhir-akhir ini, politisi PDI Perjuangan tersebut melihat terjadi perkembangan positif di daerah-daerah terkait munculnya keberanian relawan kesehatan dan DPRD dalam melontarkan kritik ke rumah sakit.

“Masalah kesehatan ini bagian dari kedaulatan rakyat yang harus terpenuhi. Saya sering melontarkan pernyataan-pernyataan tentang hak rakyat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Alhamdulillah, statement saya itu tersosialisasikan dengan baik sehingga membuat berani teman-teman DPRD di seluruh Indonesia dan teman-teman relawan kesehatan untuk mengkritisi rumah sakit,” ujarnya.

Pada bagian lain, Ribka mengucapkan terima kasih kepada hadirin sosialisasi empat pilar kebangsaan yang memiliki kesadaran untuk memahami dan mengamalkan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Dia juga mengingatkan, Pancasila sebagai ideologi bangsa harus terus disosialisasikan dan diamalkan.

“Saya juga berharap kepada media untuk terus menyampaikan berita-berita yang benar dan obyektif kepada masyarakat. Saya juga meminta wartawan di Kowasi untuk membantu upaya membumikan Pancasila,” tutur dia.

Sementara itu sebagai perwakilan Diskominfo dan Persandian Kabupaten Sukabumi, Irwan menyampaikan terima kasih kepada Kowasi yang telah membantu pemerintah dalam penyebaran informasi kepada masyarakat. Dia mengharapkan para wartawan yang tergabung di dalam Kowasi dapat menyampaikan informasi sosialisasi empat pilar kebangsaan seluas-luasnya dengan muatan konten yang sebenar-benarnya.

Reporter : Suparman

Redaktur : Aries

Editor : Rangga

E-Mail.www.sukabumipos.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here