Serikat Pekerja Harus Mampu Melindungi Anggotanya dengan Proporsional

CIBADAK (Sukabumi Pos) – Keberadaan serikat pekerja sangat mutlak keberadaannya di dunia industri, salah satunya untuk melindungi karyawan yang menjadi anggotanya. Sekalipun demikian, serikat pekerja dituntut proposional juga dalam mendampingi anggotanya saat bermasalah dengan pihak pabrik.

Arahan itu disampaikan oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, saat memberi sambutannya di kegiatan workshop program perlindungan pengembangan lembaga ketenagakerjaan melalui Pembinaan dan Evaluasi Serikat Pekerja bertempat di gedung BK3D Cibadak, Kamis (12/12).

Dalam kegiatan workshop yang diselenggarakan oleh Disnakertrans (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Kabupaten Sukabumi tersebut, panitia mengundang 300 orang peserta dari Gabungan Anggota Serikat Pekerja Kabupaten Sukabumi.

Kadisnakertrans, Dadang Budiman, melaporkan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk meningkatkan etos kerja yang disiplin dan produktivitas kerja serta menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap profesi dalam pekerjaannya.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk terpenuhi hak-hak dan perlindungan yang mendasar bagi tenaga kerja dalam melaksanakan profesinya dengan harapan mampu menumbuhkan disiplin, senantiasa melaksanakan tugas dan tanggung jawab, berperilaku baik, serta memberikan contoh dalam lingkungannya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Sukabumi dalam sambutannya mengatakan pembangunan ketenagakerjaan sebagai bagian integral dari pembangunan nasional dan serikat pekerja harus bisa menjadi wadah bagi para pekerja.

“Dalam sistem Pembangunan ketenagakerjaan dan keberadaan serikat pekerja atau serikat buruh diakui mempunyai peran yang sangat penting dan strategis.”

Lebih jauh, bupati menegaskan untuk mengurangi pengangguran perlu mendorong terciptanya lapangan kerja secara terbuka, melalui pembangunan SDM dan ketenagakerjaan serta pembinaan hubungan industrial yang harmonis.

“Hal tersebut dapat menciptakan ketenangan bekerja, peningkatan produktivitas yang memberikan efek positif bagi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat.”

Marwan juga menjelaskan, Pemkab Sukabumi sangat berkepentingan untuk menciptakan hubungan industrial yang kondusif sehingga menciptakan multiplayer effect melalui tumbuhnya kegiatan ekonomi di masyarakat yang sehat dan prospektif.

“Dengan strategi itu, mudah-mudahan menjadi solusi untuk menjawab persoalan-persoalan yang ada di Kabupaten Sukabumi yang mencakup keberlangsungan dunia usaha nantinya.”

Hadir pada kesempatan tersebut Camat Cibadak, ketua Serikat pekerja/buruh Kabupaten Sukabumi, serta tamu undangan lainnya.

Reporter : Amuy Mulyadi

Redaktur : Rangga

E-Mail Redaktur : ranggagunawan655@gmail.com

 

Berita lainnya cek di sini:

https://www.sukabumipos.com/2019/12/14/walikota-prabumu…destinasi-wisata/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *